Pengguna Sosial Media Yang Tak Bijak

 On Saturday, 26 November 2016  

Dalam kehidupan yang sekarang ini, hidup di masa modernisasi oleh teknologi dan dampak globalisasi yang menjalar ke seluruh dunia mengakibatkan sejumlah orang/banyak orang terkena dampak buruk oleh suatu perubahan yang sebenarnya tidak ada tuntunannya/tidak ada contohnya, sehingga mengakibatkan masyarakat menjadi suatu kaum yang memiliki sifat hedonis suatu kehendak apapun haruslah terpenuhi dan seberat apapun itu rintangan entah halal/haram harus tercapai untuk memenuhi kepuasan semata.


Pengguna Sosial Media Yang Tak Bijak


Menjadi peran di dalam dunia maya adalah suatu hal yang lumrah pada era modern kini, apalagi sudah menjamurnya media sosial yang bertebaran disana. Hal ini menjadikan tak ada rentang batas waktu ataupun jarak dalam berkomunikasi antara pihak satu dengan yang lainnya.

Menyinggung hal tersebut banyak diantara orang-orang yang dapat melakukan hal-hal yang menguntungkan di dalamnya, namun adapula yang tidak segan-segan untuk memanfaatkan jejaring sosial online tersebut untuk hal yang negatif, salah satunya berkomentar di sosial media yang nyeleneh dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Dilihat dari sisi negatif dari penggunaan sosial media, selain tidak baik bagi kesehatan banyak juga berdampak anti sosial bagi pengguna sosial tersebut. Pengalaman pribadi yakni kegiatan membuka sosial media sudah menjadi penyakit kecanduan, salah satu penybab timbulnya penyakit ini adalah gengsi bisa dari gaya hidup sampai gengsi tentang popularitas diri sendiri penyakit ini bisa disebut pendangkalan moral. Dalam agama dibahas bahawa sesuatu hal yang berlebihan berdampak tidak baik bagi siapapun.

 Akhir akhir ini marak dengan status, postingan, bahkan komentar yang berisikan pesan kebencian kalau saya boleh katakan sangking banyaknya hate speech, badan intelejen polisipun kewalahan dalam menangani laporan hate speech. Memang betul manusia khususnya di Indonesia Hak mengutarakan pendapat dijunjung tinggi karena Indonesia adalah negara demokrasi tetapi apakah benar mengutarakan pendapat tidak memerhatikan sopan santun, etika, dan  menyinggung SARA?.

Dari kekurangn itulah saya berharap dalam sistem sosial media dapat mendeteksi dan memfilter setiap postingan yang menyinggung sara dan tidak beretika, pengelola sosial mediapun tidak bisa memfilter mana akun palsu mana akun yang asli, semua orang bisa mendaftar dengan cuam Cuma bahkan asal mengisikan data diripun bisa.

Semoga bangsa Indonesia bisa menggunakan sosial secara baik dan benar, Karena hal kecilpun dapat mengakibatkan dampak buruk yang cukup besar. Dimulai dari diri saya dan saya mengajak kepada pengguna sosial media lainya untuk ambil hal positifnya saja. 
Be smart on Sosial Media!


Pengguna Sosial Media Yang Tak Bijak 4.5 5 Fahmi Faisal Hikmawan Saturday, 26 November 2016 pengguna sosial media yang tidak bijak Dalam kehidupan yang sekarang ini, hidup di masa modernisasi oleh teknologi dan dampak globalisasi yang menjalar ke seluruh dunia mengakiba...

Suka dengan Artikel ini ?
Bagikan ke FB Tweet Bagikan ke G+ Submit ke Digg


No comments:

Post a Comment